Projek DEMUS: Kunjungan Belajar Demokrasi ke DPRD DK Jakarta

Pada Kamis tanggal 3 Oktober 2024, SMA Negeri 9 Jakarta angkatan 29 mengunjungi gedung DPRD dalam rangka melakukan aksi Projek P5 bertemakan Demus (Demokrasi untuk semua). Siswa diperkenalkan dengan ruang rapat komisi D dan ruang rapat paripurna di DPRD.

 

Pada kunjungan ke DPRD, siswa-siswi berkunjung ke ruang rapat komisi D untuk mendengarkan penjelasan mengenai struktur dan tugas DPRD Jakarta. Dalam kunjungan ini, siswa tidak hanya mendengar penjelasan dari anggota dewan, tetapi juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung terkait fungsi dan peran DPRD dalam pemerintahan daerah. Siswa-siswi juga diperkenankan memasuki ruang sidang paripurna, di ruang rapat tersebut, siswa-siswi dapat melihat langsung tempat pengambilan keputusan-keputusan penting terkait peraturan daerah. Dengan bisa melihat ruang rapat tersebut secara langsung, diharapkan siswa SMAN 9 Jakarta dapat termotivasi dan dapat mengaplikasikan Demokrasi di kehidupan nyata.

Pada hari yang sama, siswa-siswi SMAN 9 Jakarta juga melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Jakarta. Siswa-siswi dibagi menjadi empat kelompok yang akan mengunjungi empat fakultas berbeda. Fakultas yang dikunjungi yaitu fakultas teknik, fakultas MIPA(Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), FBS(Fakultas Bahasa dan Seni), dan FIP(Fakultas Ilmu Pendidikan). Siswa-siswi diinformasikan mengenai prodi dari masing-masing fakultas dan juga kegiatan yang dilakukan oleh fakultas tersebut. Siswa-siswi juga diajak untuk melihat laboratorium dari fakultas teknik dan fakultas MIPA.